Sabtu, 03 November 2012

Memproduksi Barang dan Jasa Kelas Dunia

 Apa yang Telah Dilakukan Para Pemaknufaktur untuk Menjadi Lebih Kompetitif  ?
 Contohnya saja negara Amerika untuk mendapatkan kembali daya kompetitif, mereka   menekankan langkah-langkah berikut ini.
1.  Berfokus pada pelanggan.
2.  Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
3.  Mempraktikkan pengembangan yang kontinu.
4.  Berfokus pada kualitas.
5.  Menghemat biaya melalui seleksi setempat.
6.  Mengandalkan internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan.
7.  Mengandalkan internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan.
8.  Menggunakan teknik produksi yang terbaru, seperti perencanaan sumber perusahaan, manufaktur yang diintegrasi dengan komputer, manufaktur yang fleksibel, dan manufaktur yang ramping.

·         Dari Produksi ke Manajemen Operasi
Produksi adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi: tanah, tenaga kerja, modal kewirausahaan, dan pengetahuan. Menurut sejarah, produksi telah dihubungkan dengan manufaktur, tetapi sifat bisnis telah berubah secara signifikan dalam kurang lebih 20 tahun terakhir. Sektor jasa termasuk layanan internet telah berkembang secara dramatis. Manajemen produksi merupakan istilah yang digunakan untuk mendiskripsikan semua aktivitas yang dilakukan manajer untuk membantu perusahaan mereka menghasilkan barang.  
·         Manajemen Operasi Sektor Jasa
Sebagaian besar dari kita telah dikondisikan untuk memikirkan manajemen operasi dalam sektor manufaktur. Marilah kita melihat kehidupan seorang manajer operasi dalam sektor jasa untuk melihat apa yang diminta. Manajemen dalam industri jasa menyangkut dalam menciptakan pengalaman yang bagus bagi mereka yang menggunakan layanan ini. Mengetahui kebutuha pelanggan dan memenuhi kebutuhan tersebut adalah 2 hal yang berbeda. Itulah mengapa manajemen operasi begitu penting: ini adalah fase implimentasi manajemen.
·         Proses Produksi
Pengetahuan dan pengalaman telah mengajari anda banyak hal tentang apa yang perlu anda ketahui tentang proses produksi. Produksi menambahkan nilai, atau kegunaan, pada bahan atau proses. Form utility adalah nilai yang ditambahkan dengan pembuatan barang dan jasa yang sudah jadi, seperti nilai yang ditambahkan dengan menggunakan silikon dan membuat chip komputer atau menggabungkan layanan untuk menciptakan paket liburan. Ada dua istilah produksi yaitu; proses dan perakitan. Manufaktur proses adalah secara fisik dan kimiawi mengubah bahan. Sebagai contoh, merebus secara fisik mengubah telur. Proses perakitan bagian proses produksi yang menyatukan komponen-komponen. Proses berkelanjutan proses produksi dimana produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali-kali. Proses sebentar-sebentar proses produksi dimana jumlah produksi sedikit dan mesin sering diubah untuk membuat produk-produk yang berbeda.
·         Kebutuhan Untuk Meningkatkan Teknik Produksi Dan Menghemat Biaya
Tujuan utama dari manufaktur dan manajemen operasi adalah untuk menyediakan produk-produk dan jasa berkualitas tinggi secara instan sebagai respons terhadap permintaan pelanggan. Beberapa perkembangan besar telah secara radikal mengubah proses produksi di Amerika Serikat contohnya, menjadikan perusahaan-perusahaan AS lebih kompetitif :
a.  Manufaktur dan desain yang dibantu dengan komputer.
b.  Manufaktur yang fleksibel.
c.  Manufaktur yang ramping.
d.  Penyesuaian massa.

·         Manufaktur dan Desain yang Dibantu dengan Komputer
Desain yang dibantu dengan komputer merupakan penggunaan komputer dalam manufaktur produk. Manufaktur yang dibantu dengan komputer adalah penggunaan komputer dalam manufaktur produk. Sedangkan manufaktur yang diintegrasi oleh komputer merupakan penyatuan desain yang dibantu dengan komputer dengan manufaktur yang dibantu dengan komputer.
·         Perencanaan Manajemen Operasi
Perencanaan manajemen operasi melibatkan banyak isu yang sama, baik dalam sektor manufaktur maupun sektor jasa. Isu-isu ini meliputi lokasi fasilitas, tata ruang fasilitas, perencanaan persyaratan bahan, pembelian, pengendalian inventaris, dan kontrol kualitas. Sumbernya dapat berbeda tetapi tetap isu-isunya sama.
Kontrol Kualitas 
Quality adalah secara konsisten memproduksi apa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman ke pelanggan.
Produk diselesaikan dan kemudian diuji. Ini mengakibatkan beberapa masalah :
  1. Ada kebutuhan untuk menginspeksi pekerjaan orang lain.
  2. Apabila ditemukan kesalahan,seseorang harus membetulkan kesalahan atau membatalkan produk tersebut. 
  3. Apabia pelanggan menemukan kesalahan, ia dapat merasa tidak puas dan bahkan dapat membeli dari orang lain setelahnya.   
·         Standar ISO 9000 dan ISO 14000
Iso merupakan (International Organization for Standardization) adalh federasi badan standar nasional lingkup dunia lebih dari 140 negara yang menentukan ukuran global untuk kualitas produk individual. ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang berkualitas dan standar yang terjamin. ISO 14000 adalah koreksi praktik terbaik untuk mengatur pengaruh organisasi terhadap lingkungan. 
·         Prosedur Kendali: Pert dan Bagan Gantt
Evaluasi program dan teknik tinjauan atau PERT, pengguna PERT menganalisis tugas yang terlibat dalam menyelesaikan proyek tertentu, memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas, dan mengidentifikasi waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proyek. Jalan peting adalah urutan tugas yang membutuhkan waktu penyelesaian terlama. Bagan Gantt adalah sebuah grafik batang yang dengan jelas menunjukkan proses yang sedang dikerjakan dan seberapa banyak yang telah diselesaikan dalam waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar