Contohnya saja negara Amerika untuk mendapatkan kembali daya
kompetitif, mereka menekankan langkah-langkah berikut ini.
1. Berfokus pada
pelanggan.
2. Mempertahankan
hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan.
3. Mempraktikkan
pengembangan yang kontinu.
4. Berfokus pada
kualitas.
5. Menghemat biaya
melalui seleksi setempat.
6. Mengandalkan
internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan.
7. Mengandalkan
internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan.
8. Menggunakan
teknik produksi yang terbaru, seperti perencanaan sumber perusahaan, manufaktur
yang diintegrasi dengan komputer, manufaktur yang fleksibel, dan manufaktur
yang ramping.
·
Dari Produksi ke Manajemen Operasi
Produksi adalah pembuatan barang dan
jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi: tanah, tenaga kerja, modal
kewirausahaan, dan pengetahuan. Menurut sejarah, produksi telah dihubungkan
dengan manufaktur, tetapi sifat bisnis telah berubah secara signifikan dalam
kurang lebih 20 tahun terakhir. Sektor jasa termasuk layanan internet telah
berkembang secara dramatis. Manajemen produksi merupakan istilah yang digunakan
untuk mendiskripsikan semua aktivitas yang dilakukan manajer untuk membantu
perusahaan mereka menghasilkan barang.
·
Manajemen Operasi Sektor Jasa
Sebagaian besar dari kita telah dikondisikan
untuk memikirkan manajemen operasi dalam sektor manufaktur. Marilah kita
melihat kehidupan seorang manajer operasi dalam sektor jasa untuk melihat apa
yang diminta. Manajemen dalam industri jasa menyangkut dalam menciptakan
pengalaman yang bagus bagi mereka yang menggunakan layanan ini. Mengetahui
kebutuha pelanggan dan memenuhi kebutuhan tersebut adalah 2 hal yang berbeda.
Itulah mengapa manajemen operasi begitu penting: ini adalah fase implimentasi
manajemen.
· Proses Produksi
Pengetahuan dan pengalaman telah mengajari
anda banyak hal tentang apa yang perlu anda ketahui tentang proses produksi.
Produksi menambahkan nilai, atau kegunaan, pada bahan atau proses. Form utility
adalah nilai yang ditambahkan dengan pembuatan barang dan jasa yang sudah jadi,
seperti nilai yang ditambahkan dengan menggunakan silikon dan membuat chip
komputer atau menggabungkan layanan untuk menciptakan paket liburan. Ada dua
istilah produksi yaitu; proses dan perakitan. Manufaktur proses adalah secara fisik
dan kimiawi mengubah bahan. Sebagai contoh, merebus secara fisik mengubah
telur. Proses perakitan bagian proses produksi yang menyatukan
komponen-komponen. Proses berkelanjutan proses produksi dimana produksi yang
lama berjalan dan menghasilkan barang jadi berkali-kali. Proses
sebentar-sebentar proses produksi dimana jumlah produksi sedikit dan mesin
sering diubah untuk membuat produk-produk yang berbeda.
·
Kebutuhan Untuk Meningkatkan Teknik Produksi
Dan Menghemat Biaya
Tujuan utama dari manufaktur dan manajemen
operasi adalah untuk menyediakan produk-produk dan jasa berkualitas tinggi
secara instan sebagai respons terhadap permintaan pelanggan. Beberapa
perkembangan besar telah secara radikal mengubah proses produksi di Amerika
Serikat contohnya, menjadikan perusahaan-perusahaan AS lebih kompetitif :
a. Manufaktur dan
desain yang dibantu dengan komputer.
b. Manufaktur yang
fleksibel.
c. Manufaktur yang
ramping.
d. Penyesuaian
massa.
·
Manufaktur dan Desain yang Dibantu dengan
Komputer
Desain yang dibantu dengan komputer
merupakan penggunaan komputer dalam manufaktur produk. Manufaktur yang dibantu
dengan komputer adalah penggunaan komputer dalam manufaktur produk. Sedangkan
manufaktur yang diintegrasi oleh komputer merupakan penyatuan desain yang
dibantu dengan komputer dengan manufaktur yang dibantu dengan komputer.
·
Perencanaan Manajemen Operasi
Perencanaan manajemen operasi
melibatkan banyak isu yang sama, baik dalam sektor manufaktur maupun sektor
jasa. Isu-isu ini meliputi lokasi fasilitas, tata ruang fasilitas, perencanaan
persyaratan bahan, pembelian, pengendalian inventaris, dan kontrol kualitas.
Sumbernya dapat berbeda tetapi tetap isu-isunya sama.
Kontrol Kualitas
Quality adalah secara konsisten memproduksi apa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman ke pelanggan.
Produk diselesaikan dan kemudian diuji. Ini mengakibatkan beberapa masalah :
- Ada kebutuhan untuk menginspeksi pekerjaan orang lain.
- Apabila ditemukan kesalahan,seseorang harus membetulkan kesalahan atau membatalkan produk tersebut.
- Apabia pelanggan menemukan kesalahan, ia dapat merasa tidak puas dan bahkan dapat membeli dari orang lain setelahnya.
·
Standar ISO 9000 dan ISO 14000
Iso merupakan (International
Organization for Standardization) adalh federasi badan standar nasional lingkup
dunia lebih dari 140 negara yang menentukan ukuran global untuk kualitas produk
individual. ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang
berkualitas dan standar yang terjamin. ISO 14000 adalah koreksi praktik terbaik
untuk mengatur pengaruh organisasi terhadap lingkungan.
·
Prosedur Kendali: Pert dan Bagan Gantt
Evaluasi program dan teknik tinjauan
atau PERT, pengguna PERT menganalisis tugas yang terlibat dalam menyelesaikan
proyek tertentu, memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap
tugas, dan mengidentifikasi waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan
seluruh proyek. Jalan peting adalah urutan tugas yang membutuhkan waktu
penyelesaian terlama. Bagan Gantt adalah sebuah grafik batang yang dengan jelas
menunjukkan proses yang sedang dikerjakan dan seberapa banyak yang telah
diselesaikan dalam waktu tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar