Salah satu hal yang paling menantang bagi anda selaku marketing
professional atau pengusaha adalah memberikan harga yang tepat untuk
produk anda. Seringkali seseorang tidak memiliki strategi yang nyata
dalam menentukan harga produk atau memahami nilai yang diterima yang
dapat diciptakan oleh harga.
Ketika suatu perusahaan telah menetapkan harga dasar dari suatu
produk barang atau jasa maka perusahaan dapat menentukan strategi harga
dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti harga kompetitor,
tujuan perusahaan dan daur hidup produk. Strategi tersebut dapat
digunakan untuk produk yang baru maupun yang lama sesuai dengan situasi
dan kondisi yang ada.
Berikut ini merupakan berbagai pilihan teknik / strategi penentuan harga :
A. Stretegi Penentuan Harga Pada Produk Baru
1. Skimming Price
Strategi skimming adalah menetapkan harga awal yang tinggi ketika produk
baru diluncurkan dan semakin lama akan terus turun harganya.
Contoh handphone nokia, laptop, komputer, dan lain sebagainya.
2. Penetration Price / Harga Penetrasi
Strategi harga penetrasi adalah menentukan harga awal yang rendah
serendah-rendahnya atau murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan
cepat dan juga membangun loyalitas merek dari pada konsumen.
Contoh : tarif layanan operator baru three / 3, mie selera rakyat, so klin MB, dan lain-lain.
B. Stretegi Penentuan Harga Yang Mempengaruhi Psikologis Konsumen
1. Prestige Pricing / Harga Prestis
Strategi harga Prestige Price adalah menetapkan harga yang tinggi demi
membentuk image kualitas produk yang tinggi yang umumnya dipakai untuk
produk shopping dan specialty.
2. Odd Pricing / Harga Ganjil
Strategi harga odd price adalah menetapkan harga yang ganjil atau
sedikit di bawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan secara
psikologis pembeli akan mengira produk yang akan dibeli lebih murah.
3. Multiple-Unit Pricing / Harga Rabat
Strategi harga multiple unit price adalah memberikan potongan harga
tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah yang banyak.
4. Price Lining / Harga Lini
Strategi harga lining pricing adalah memberikan cakupan harga yang
berbeda pada lini produk yang beda.
5. Leader Pricing / Pemimpin Harga
Strategi harga leader price adalah menetapkan harga lebih rendah
daripada harga pasar / harga normal untuk meningkatkan omset penjualan /
pembeli.
C. Stretegi Penentuan Harga Diskon / Potongan Harga
Strategi harga diskon pada penjual adalah strategi dengan memberikan
potongan harga dari harga yang duah ditetapkan demi meningkatkan
penjualan suatu produk barang atau jasa. Diskon dapat diberikan pada
umum dalam bentuk diskon kuantitas, diskon pembayaran tunai / cash,
trade discount.
D. Stretegi Penentuan Harga Kompetitif
1. Relative Pricing / Harga Relatif
Strategi harga relative price adalah menentukan harga di atas, di bawah
atau sama dengan tingkat harga persaingan di mana gerakan harganya
mengikuti gerakan pesaing.
2. Follow The Leader Pricing
Strategi harga follow the leader price adalah penetapan harga produk
baik barang maupun jasa diserahkan para pimpinan pasar / penimpin pasar
dan tidak menetapkan harga sendiri.
Kesimpulan
Saat mengembangkan strategi penentuan harga, pahami biaya langsung dan
variabel yang terkait dengan produk anda, lingkungan yang kompetitif,
dan ragam kebutuhan segmen market. Kemudian anda dapat mengembangkan
strategi penentuan harga yang bagus. Pilihlah strategi yang anda yakini
sesuai dengan pasar anda dan uji,uji, uji. Pastikan menawarkan harga
bertingkat untuk memberikan pilihan bagi prosepek anda dan
mengoptimalkan harga anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar