Bisnis (Business Leadership) yang dinamis dan efektif membedakan
organisasi yang sukses dengan yang tidak. Menurut Peter F. Drucker,
manajer sebagai business leader adalah sumber daya yang paling langka
dari sebuah organisasi bisnis. Organisasi bisnis selalu mencari business
leader yang efektif, jadi yang kita cari adalah orang-orang langka yang
dapat berperan sebagai leader pada lingkungan kita dan dapat
menyelesaikan tugasnya secara efektif.
Para penulis Leadership setuju bahwa definisi Leadership adalah proses
mempengaruhi aktivitas dari seseorang atau kelompok didalam upaya
mencapai tujuan pada situasi tertentu. Sehingga proses kepemimpinan
merupakan fungsi dari L;leader, F;follower dan S;variabel situasional
lain.
J adi, setiap kali seseorang berusaha untuk mempengaruhi perilaku orang
lain, orang tersebut adalah seseorang yang berpotensi menjadi leader dan
orang yang akan dipengaruhi berpotensi menjadi pengikut (follower) ,
tidak perduli apakah orang (pengikut) tersebut adalah atasan, partner,
teman, relasi ataupun kelompok.
Leadership adalah membuat sesuatu yang kita percayai terjadi. Esensi
leadership adalah ‘seseorang melihat kebutuhan untuk bertindak, percaya
akan apa yang ia kerjakan, menginspirasi yang lain dan pada akhirnya
dapat merubah dunia’. Tugas seorang leader adalah mengambil apa yang
dipercayainya; sesuatu yang mengalir keluar dari nilai-nilai inti
dirinya, dan membuatnya menjadi kenyataan.
Manajer yang sukses memiliki cara untuk melihat kemana ia (dan
organisasinya) akan pergi dan bagaimana mencapainya. Artinya, manajer
harus memiliki ide, sebuah kerangka kerja dan sikap mental. Tanggung
jawab manajer dijajaran atas adalah menciptakan visi untuk
organisasinya, mengartikulasikan visi tersebut menjadi sebuah strategi
yang lengkap, sistem manajemen yang solid dan menginformasikan sumber
daya yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai hasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar